Krim pemutih atau whitening krim memang masih populer di negara tropis asia tenggara, terutama di Indonesia. Karena standar kecantikan orang Asia kebanyakan masih seputar kulit yang putih, bening, dan bersinar. Tidak heran banyak sekali wanita yang menggunakan cream pencerah wajah agar kulit muka mereka menjadi cerah, mulus dan glowing.

Krim pencerah wajah yang benar adalah yang hasilnya terlihat dalam beberapa bulan secara bertahap, bukannya dan instan. Kamu harus pintar mencari krim pemutih wajah yang aman dan tidak berbahaya. Sebisa mungkin pastikan produk kamu pakai sudah terdaftar di BPOM. Jangan tergiur dengan hasil yang cepat, karena bisa saja kulitmu nanti iritasi dan menyebabkan ketergantungan.

Berikut daftar 16 krim pemutih wajah keluaran brand kosmetik terkenal yang bisa kamu coba. Tenang saja, cara mendapatkan produk ini mudah kok karena sebagian besar adalah brand lokal Indonesia.

Daftar Krim Pemutih yang Bagus dan Aman

16 Daftar Krim Pemutih dari Brand Terkenal yang Bagus dan Aman

NoMerkNama ProdukHarga
1AcnesAcnes Oil Control and Whitening Cream Rp  30,000.00
2CitraCitra Hazeline White UV Pearly / Sakura / Green Tea Rp  25,000.00
3EminaEmina Bright Stuff Moisturizing Cream Rp  17,000.00
4Erha Erha Truwhite Activator Night Cream Rp  160,000.00
5Ever White Everwhite Be Bright Day / Nite Cream Rp  95,000.00
6Garnier Garnier Light Complete White Speed Whitening Serum Cream  Rp  60,000.00
7Hada Labo Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream Night Rp  70,000.00
8L’Oreal L’Oreal White Perfect Cream Rp  120,000.00
9Mustika Ratu Mustika Ratu Bengkoang Whitening Krem Malam Rp  30,000.00
10Olay Olay White Radiance Night Whitening Cream Rp  150,000.00
11Pixy Pixy White Aqua Gel Cream Day / Night Rp  50,000.00
12Pond’s Pond’s Flawless White Dewy Rose Cream Rp 50,000.00
13Safi Safi Whitening Expert Illuminating Cream Rp 100,000.00
14SK-II SK-II Whitening Source Derm Brightener Rp 1,439,000.00
15Tje Fuk Tje Fuk Whitening Cream Rp 210,000.00
16Wardah Wardah White Secret Cream Rp 78,000.00

Acnes Oil Control and Whitening Cream

Krim Pemutih Acnes

Jerawat memang menjadikan kulit menjadi kusam dan tampak lebih tua dari seharusnya. Untuk itu sebelum menggunakan pencerah wajah, kamu perlu mengatasi jerawatnya terlebih dahulu. Setelah kulit terbebas dari jerawat, lanjutkan dengan menggunakan produk pencerah wajah.

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau Acnes Oil Control and Whitening Cream ini selain dapat membantu mencerahkan kulit serta menyamarkan fek hitam bekas jerawat, dia juga bisa membantu mengurangi minyak berlebih dan mencegah jerawat. Kandungan yang ada dalam krim pemutih Acnes ini adalah arbutin, vitamin c dan hyaluronic acid. Acnes whitening krim ini cocok untuk kulit berjerawat dan kulit berminyak.

Citra Hazeline Pearly UV White

Krim Pemutih Citra Hazeline

Jadi Citra Hazeline UV White ini memiliki beberapa varian, mutiara, sakura dan green tea. Kandungan utama dari krim pemutih citra ini adalah vitamin B3 untuk memutihkan dan ada kandungan bubuk mutiara, ekstrak sakura atau ekstrak teh hijau jepang tergantung varian mana yang kamu pilih. Citra whitening cream ini lebih pada melembabkan wajah dan wangi krimnya juga enak. Harganya yang murah dan terjangkau cocok untuk remaja. Kamu menggunakan krim ini sebelum menggunakan suncreen dan bedak. Pelembab Citra ini juga mengandung perlindungan UV A & UV B untuk melindungi kulitmu dari kusam sehingga wajah nampak lebih cerah, tetapi tidak memutihkan secara ekstrim.

Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

Krim Pemutih Emina

Satu lagi krim pelembab yang bisa mencerahkan wajah tipis-tipis untuk remaja. Adalah Emina Bright Stuff Moisturizing Cream yang mengandung vitamin E dari ekstrak Summer Plum dan  perlindungan UV A & UV B dengan SPF 15 agar kulit nampak lebih cerah. Berbentuk tube yang kecil, lebih higienis dan mudah dibawa kemana saja.

Kamu bisa menggunakan krim emina ini sebagai primer atau sebelum menggunakan bedak. Emina Bright Stuff Moisturizing Cream ini sudah mengandung SPF tetapi kecil, jadi kamu perlu menggunakan sunscreen lagi apabila aktifitasmu lebih banyak berada di luar ruangan.

Erha Truwhite Activator Night Cream

Krim Pemutih Erha

Kabar baik sekarang kosmetik Erha dapat dibeli bebas dan tanpa perlu resep dokter atau kita pergi ke kliniknya. Salah satu krim pencerah wajah yang dikeluarkan Erha adalah Erha Truwhite Activator Night Cream. Produk ini merupakan krim malam dengan 4 Whitening Agent, salah satunya Arbutin (pemutih alami dari buah Bearberry) yang berfungsi sebagai zat pencerah sehingga efektif mencerahkan dan melembabkan kulit, mengurangi bintik-bintik hitam (hiperpigmentasi) serta menghambat pembentukan melanin pada kulit. Produk ini juga memiliki exfoliating agent yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan memperbarui sel kulit.

Sebenarnya Erha Truwhite Activator ini juga mempunyai krim siangnya. Tetapi Erha Truwhite Activator Day Cream lebih kepada pelembab yang diperkaya dengan 4 Whitening Agent dan tabir surya. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu menggunakan krim siang dari Erha dan suncreen juga. Oh ya, krim pemutih Erha ini aman digunakan ibu hamil dan menyusui.

Everwhite Be Bright Cream

Krim Pemutih Ever White

Kandungan dari Everwhite Be Bright Cream adalah kefir, collagen, gluta dan arbutin. Krim siangnya bisa memutihkan wajahmu secara instan, cerah seketika dalam sekali oles. Krim ini lebih kepada tone up krim yang kalau dipakai mencerahkan warna kulit 1 tingkat. Kelebihan lainnya adalah SPF 30 yang melindungi kulit dari matahari. Sangat cocok untuk remaja aktif yang sering beraktifita di luar ruangan.

Untuk krim malam Ever White ini mampu mencerahkan wajah yang kusam dan menghilangkan bekas jerawat. Saat kamu tidur, krim malam ini bekerja denganc ara melembabkan sehingga saat pagi hari kulitmu menjadi lebih halus dan kenyal. Apabila digunakan secara rutin krim siang dan krim malam maka hasilnya akan putih permanen.

Packagingnya sangat lucu dan imut. Untuk krim siang berwarna pink dan krim malam berwarna biru. Sayangnya krim ini harganya cukup mahal, untuk ukuran 15 ml harganya diatas 50 ribu.

Garnier Light Complete White Speed Whitening Serum Cream

Krim Pemutih Garnier

Garnier mempunyai banyak produk whitening cream. Sejauh ini yang banyak beredar di pasaran adalah Garnier Pure Active Anti Acne Care Whitening Cream, Garnier Light Complete White Speed Whitening Serum Cream dan Garnier Sakura White Whitening Serum Cream. Semua whitening cream Garnier mengandung zat yang dapat membuat kulitmu lebih cerah, meyamarkan bekas jerawat, sekaligus mengurangi minyak berlebih. Formulanya cocok dibuat khusus untuk kulit sensitif, tetapi jangan digunakan ditempat yang sedang iritasi ya.

Jika kulitmu sedang berjerawat, kamu bisa menggunakan Garnier Anti Acne Whitening Cream. Jika kamu menginginkan kulitmu cerah naik satu atau dua tingkat, kamu bisa menggunakan Garnier Light Complete Cream yang kemasannya berwarna kuning. Kombinasi dari Snowpine C+ dan LHA yang dikenal 10x lebih kuat dari Vitamin C untuk mencerahkan wajah kusam dan membantu menghilangkan flek hitam di wajah. Formulanya akan membantu kulit membuat terasa halus dan pori-pori tampak kecil. Selain itu krim siang ini juga mengandung Pure Lemon Essence dan SPF 20/PA+++.

Produk whitening cream terakhir dari Garnier adalah Garnier Sakura Cream yang mampu mengurangi kekasaran yang tidak merata di dalam kulit. Untuk kamu yang sudah memiliki kulit putih dan ingin tampak merona, dan tidak putih pucat, kamu bisa menggunakan produk ini.

Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream Night

Krim Pemutih Hada Labo

Hada Labo Ultimate Whitening Cream ini mengandung Arbutin, Vitamin C dan Hyaluronic Acid. Kandungannya cukup lengkap ya. Sama seperti Emina Moisturizing Cream, krim ini juga mengandung ekstrak dari tanaman bearberry yang mencerahkan warna kulit dan menyamarkan noda hitam. Kandungan Vitamin C mencegah kulit kusam dan menangkal efek radikal bebas sinar UV matahari. Jangan takut kulitmu menjadi kering akibat pemakaian krim pencerah wajah karena produk ini bisa melembabkan dan melembutkan kulit. Gunakan krim pemutih hada labo ini malam hari setelah menggunakan toner, lotion atau serum ya. Karena memang krim pencerah itu lebih berkhasiat apabila digunakan malam hari saat kita tidur.

L’Oreal White Perfect Cream

Krim Pemutih Loreal

L’Oreal White Perfect Cream merupakan perawatan pencerah kulit yang telah teruji mencegah timbulnya noda hitam, pori-pori tersamarkan dan kulit tampak cerah secara menyeluruh, kulit wajah tampak halus dan bening. Kandungan produk ini antara lain:

Pro-Vanish 3: Advanced whitening complex untuk menetralisir produksi melanin sehingga mengurangi penggelapan kulit. Vitamin B3: Untuk mengurangi penggelapan kulit yang berlangsung alami. Procystin: Menetralisir radikal bebas dan menekan pembentukkan melanin. Bio-Peeling Ex: Menghilangkan sel-sel kulit yang menghitam sehingga kulit terlihat lebih transparan dan jernih

Perbedaan antara krim siang dan krim malamnya adalah adanya kandungan SPF 19 PA+++ pada krim siang untuk perlindungan terhadap sinar UVA & UVB sehingga mencegah pembentukkan flek hitam dan penggelapan kulit. Sayangnya kandungan SPFnya masih kurang tinggi, sehingga kamu masih perlu menggunakan sunscreen setelah menggunakan krim siang L’Oreal ini. Lalu pada krim malam kandungannya dibuat lebih kuat agar hasilnya bisa maksimal.

Mustika Ratu Bengkoang Whitening Krem Malam

Krim Pemutih Mustika Ratu

Krim malam dari Mustika Ratu ini mengandung ekstrak bengkoang sebagai cooling agent, Akar Manis (Licorice extract) sebagai pemutih serta vitamin A, E, F dan H sebagai antioxidant yang berguna untuk memutihkan kulit wajah, menipiskan noda hitam serta memperlambat proses penuaan dini. Membuat kulit tampak lebih putih layaknya wanita Indonesia pada umumnya. Whitening Cream dari Mustika Ratu ini juga sudah terdaftar di BPOM dan mendapatkan sertifikat halal MUI sehingga aman kamu gunakan sehari-hari.

Olay White Radiance Night Cream

Krim Pemutih Olay

Sejauh Produk Olay Whitening Cream ini ada bermacam-macam, kemasannya pun kadang suka berubah. Sehingga kita mungkin kesulitan membedakan mana kemasan produk yang baru atau yang lama, mana yang asli atau tiruan. Penamaannya juga sedikit membingungkan, ada yang Olay White Radiance Brightening Night Cream ada pula yang Olay White Radiance Light Perfecting Night Cream.

Olay memberikan klaim bahwa produk olay white radiance brightening night creamnya memiliki manfaat untuk menjadikan kulit cerah berkilau dalam waktu 4 minggu, mencegah terbentuknya bintik hitam dengan cara mengurangi jumlah melanin di kulit. Produk ini juga memberikan perlindungan dari stressor akibat lingkungan, membantu melawan terbentuknya noda hitam di wajah dan terakhir menjaga kelembapan kulit sehinga kulit tampak lebih bersinar. Untuk harga segitu, packagingnya olay sih lumayan mewah ya, terbuat dari kaca yang tebal. Sejauh ini kandungan yang mereka andalkan adalah vitamin B3 atau Niaciamide.

Pixy White Aqua Gel Cream

Krim Pemutih Pixy

Krim ini mengandung Hydra Active yang mampu melembabkan dan menyegarkan kulit sehingga kulit tampak lebih sehat dan segar kembali. Diperkaya dengan Natural Whitening Complex untuk membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda serta vitamin E dan Ginkgo Biloba yang dikenal sebagai antioksidan. Perbedaan antara Pixy day cream dan night cream adalah kandungan SPF 30 & PA+++ pada krim siangnya yang melindungi kulit dari sunar uva dan uvb. Untuk krim siang pencerah wajah, kandungan SPF yang tinggi ini cukup membantu dan praktis. Kamu juga tidak perlu khawatir apabila setelah menggunakan day krim ini lalu kelupaan menggunakan sunscreen. Sejauh ini, Pixy White Aqua Gel yang memiliki SPF tinggi dalam krim siangnya dibandigkan krim pemutih merk lain.

Pond’s Flawless White

Krim Pemutih Ponds

Produk ini sangat populer selama 10 tahun terakhir karena saat itu bintang iklannya adalah Sandra Dewi. Produk ini mengklaim dapat mencerahkan wajah dalam 7 hari. Krim ini diperkaya dengan GenActiv dimana saya tidak tau apa sebenarnya kandungan dari GenActiv, apakah itu vitamin B3 atau vitamin C. Setelah pemakaian 1 bulan, krim ini dapat memperbaiki kerusakan kulit, mencerahkan, meratakan warna kulit dan memudarkan noda hitam saat. Perbedaan Pond’s Flawless White day cream dengan night cream adalah teksturnya krimnya. Seperti biasa, tekstur krim siang biasanya lebih keset, sedangkan krim malam lebih cair. Sayangnya Pond’s masih tida berinovasi dengan menambah kandungan SPF dalam krim siangnya, masih bertahan dengan SPF 18.

Tetapi kabar baiknya, varian Dewy Rose Cream mengandung SPF30 PA+++. Kalau POND’S Flawless White Dewy Rose Cream ini selain mengandung GenActive, dia juga mempunyai Rose Lumiere Serum atau ekstrak bunga mawar Alphine yang membantu mengunci kelembapan dan menyamarkan kulit kusam dari dalam. Selain itu juga ada Niacinamide dan 12HSA yang mengatur gen yang mengontrol produksi melanin. Jadi buat kamu yang mempunyai kulit normal – kering, cocok menggunakan krim ini. Sayangnya varian Ponds Dewy Rose Cream sudah sulit dicari dan jarang ditemui di pasaran.

Safi Whitening Expert Illuminating Cream

Krim Pemutih Safi

Safi merupakan produk perawatan kulit halal, natural, dan teruji yang telah lama hadir di Malaysia. Kini Safi mencoba untuk melebarkan sayap ke Indonesia. Di Indonesia Safi sudah mengantongi izin BPOM Indonesia serta sertifikat halal dari MUI (Indonesia) dan JAKIM (Jabatan Kemajuan Islam Malaysia). Safi memiliki dua produk untuk mencerahkan wajah.S afi Whitening Expert Illuminating yang berwarna biru dan Safi Whitening Natural Brightening Cream Mangosteen yang berwarna pink.

Yang akan saya bahas Krim Safi White Expert Perfectly Bright Day & Night Cream yang logonya berwarna biru. Krim pemutih Safi ini mengandung Ekstrak Habbatus Sauda, OxyWhite, Tabir Surya Technology dan Bio Hyaluronic yang sangat cocok digunakan sebagai produk perawatan wajah sehari-hari. Day creamnya mempunyai SPF15 PA ++. Kelebihan dari whitening cream ini adalah mudah diserap oleh kulit dan aman untuk kulit sensitif.

SK-II Whitening Source Derm Brightener

Krim Pemutih SK-II

Mungkin inilah whitening cream yang paling mahal diantara produk lainnya. SK-II Whitening Source Derm Brightener dibandrol dengan harga Rp 1.500.000. Kandungan utama dari krim ini adalah Pitera, salicylic acid and phytic acid, Vitamin C, dan Niacinamide. Cocok banget untuk wajah kusam yang mempunyai banyak flek hitam karena krim ini dengan lembut mengeksfoliasi wajahmu sehingga texturnya menjadi lebih halus. Hasil akhirnya noda hitam pun memudar, warna kulit menjadi lebih merata dan cerah. Sayangnya krim ini tida dilengkapi dengan SPF. Kamu bisa menggunakan krim pemutih dari SK-II ini siang dan malam. Tetapi jika digunakan siang hari, jangan lupa memakai sunscreen setelah mengaplikasikan krim ini.

Tje Fuk Whitening Cream

Krim Pemutih Tje Fuk

Kosmetik Tje Fuk dapat kamu beli di mini market Indomart atau Alfamart dekat dengan rumahmu. Biasanya diletakan di rak di belakang meja kasir.

Tje Fuk Whitening Day Cream ini memberi pelindungan pada kulit wajah dari pengaruh buruk sinar UV matahari. Dilengkapi dengan Vitamin A, E, F dan H yang membuat kulit wajah sehat dan berseri. Cream ini bekerja melindungi kulit selama 10 jam dari sengatan terik matahari. Selain itu krim siang Tje Fuk ini waterproff, yang dapat digunakan untuk perlindungan dari terik matahari saat berenang. Sayangnya tidak dijelaskan berapa kandungan SPF yang tertera di dalamnya.

Tidak seperti whitening cream pada umumnya yang krim siang mempunyai kandungan yang sama dengan krim malam. Night cream Tje Fuk ini mempunyai mengandung Zodium Hyaluronate nya mampu mempertahankan kelembaban dan memperbaiki elastisitas kulit agar kembali kenyal dan kencang.

Tje Fuk mengklaim dapat memutihkan kulit tanpa proses pengelupasan, memperbaiki struktur kulit yang rusak akibat polusi udara dan zat-zat berbahaya yang merusak kulit dan menghilangkan flek dan noda bekas jerawat.

Sayangnya tidak semua orang cocok memakai Tje Fuk. Ada yang berhasil mendapatkan kulit cerah seperti yang dia inginkan, ada pula yang tidak karena kulitnya terlalu senstif.

Wardah White Secret Cream

Krim Pemutih Wardah

Ada dua seri whitening yang dikeluarkan oleh Wardah. Krim pemutih yang bagus adalah Wardah White Secret Day Cream karena mempunyai SPF 35 dan PA+++ nya akan melindungi dari sinar UV A dan UV B. Kandungan Crystal White Active mempercepat proses pencerahan dan mempertahankan hasilnya lebih lama. Derma-Peptide Techonolgy pada produk ini juga membantu proses peresapan hingga ke bagian dalam lapisan epidermis. Kandungan SPFnya sejauh ini yang terbesar dibandingkan produk lain seperti Pixy yang hanya mempunyai SPF 30.

Krim Wardah White Secret Advanced White Specific System ini lebih mudah meresap ke dalam kulit. Kemasan jar bening dari kaca juga terlihat mewah. Produk ini memiliki tekstur cream yang cukup rich, namun tidak meninggalkan efek greasy. Krim siangnya setelah diaplikasikan ke kulit akan sedikit meninggalkan white cast karena ada kandungan SPF-nya yang cukup tinggi. Jangan lupa menggunakan night cream pada malam hari. Rangkaian White Secret Series ini juga punya produk Pure Treatment Essence dan Intense Brightening Essence-nya. Kalau dikombinasikan dengan dua produk tersebut hasil cerahnya akan jadi lebih maksimal.

Penutup

Pertimbangan dalam memilih krim pencerah adalah kandungan yang terdapat dalam krim itu sendiri. Jangan pernah menggunakan krim yang mengandung merkuri dan hydroquinon. Perhatikan pula dengan zat apa mereka mencerahkan kulit, apakah vitamin B3, vitamin C atau ada zat lain. Jika dalam krim pemutih itu tidak terdapat kandungan vitamin E yang melembabkan atau perlindungan terhadap UV A dan UV B, maka kamu perlu menggunakan tambahan moisturizer dan sunscreen setelah mengaplikasikan whitening cream tersebut.

Cara kerja whitening cream pada umumnya hanya memudarkan noda hitam di kulitmu dan menyamarkan warna kulit, sehingga seolah-olah kulitmu menjadi cerah dan lebih putih. Untuk itu perlu bantuan sunscreen agar produksi melanin yang dapat menggelapkan kulit bisa dikurangi. Tetapi ada pula krim pemutih yang memang cara kerjanya mengexfoliasi lapisan epidermis kulit sehingga kulit menjadi mengelupas, kemerahan, dan menjadi lebih putih.

Cara mengetahui apakah krim tersebut cocok di wajahmu atau tidak, gunakan secara rutin krimnya selama 1 bulan. Ambil foto before dan after setelah pemakaian agar kamu bisa mengevaluasi hasilnya. Jangan lakukan berganti-ganti krim pencerah atau mencoba banyak krim pada saat yang bersamaan. Ada beberapa krim siang dan krim malam yang lebih ampuh apabila disertai penggunaan toner atau serum. Silahkan baca petunjuk penggunaan masing-masing produk. Semoga artikel ini bisa membantumu memilih krim pemutih yang bagus, aman dan cocok untuk kebutuhanmu.

Summary
Review Date
Reviewed Item
16 Daftar Krim Pemutih dari Brand Terkenal yang Bagus dan Aman
Author Rating
51star1star1star1star1star

0 thoughts to “16 Daftar Krim Pemutih dari Brand Terkenal yang Bagus dan Aman

  • brillie

    Visitor Rating: 5 Stars

    Reply

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *