Sebagus apapun krim pemutih yang kamu gunakan, tetapi kamu tidak pernah menggunakan sunscreen maka krim tersebut tidak akan berkerja dengan maksimal. Untuk itu kamu perlu menggunakan sunscreen atau sunblok setelah menggunakan skincare atau sebelum menggunakan make up.

Sunscreen atau tabir surya dapat mencegah timbulnya keriput, flek hitam akibat sinar matahari yang menembus ke dalam kulit. Untuk di daerah tropis seperti indonesia, gunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 atau lebih.

Umumnya sunscreen terbagi menjadi dua jenis, yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen. Berikut 20 rekomendasi dan review sunscreen yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di Indonesia:

20 Sunscreen Terbaik Untuk Wajah

NoMerkNama ProdukHargaIsi
1BiodermaBioderma Photoderm AKN Mat SPF 30Rp 319.00040 ml
2BioreBiore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50Rp 100.00050 gram
3Etude HouseEtude House Sunprise Mild Watery Light SPF 50Rp 95.00050 gram
4EminaEmina Sun Protection SPF 30Rp 25.00060 ml
5HeliaTechHeliaTech Sunscreen SPF 45Rp 77.00030 gram
6IlluminareIlluminare Sun Protect Face & Body Lotion SPF 50Rp 149.000100 gram
7InnisfreeInnisfree Perfect UV Protection Cream SPF 50Rp 135.00050 ml
8Kiehl’sKiehl’s Ultra Light Daily UV Defense SPF 50Rp 410.00030 ml
9L’orealL’oreal UV Perfect Matte & Fresh SPF 50Rp 80.00030 ml
10L’orealL’oreal UV Perfect Aqua Essence City Face Mist SPF 50Rp 150.00064 gram
11NacificNacific Fresh Herb Origin Sun Block SPF 50Rp 129.00050 ml
12Nature RepublicNature Republic California Aloe Daily Sun Block SPF 50Rp 285.00057 ml
13NeutrogenaNeutrogena Ultra Sheer Sunscreen SPF 45Rp 175.00088 ml
14NiveaNivea Sun Protect & Moisture SPF 50Rp 125.00050 ml
15SebamedSebamed Sun Care SPF 50Rp 280.00070 ml
16SK-IISK-II Atmosphere Airy Light UV Emulsion SPF 30Rp 755.00030 gram
17Skin AquaSkin Aqua UV Moisture Milk SPF 50Rp 50.00040 gram
18SolareSolare Moisturizing Sunblock SPF 50Rp 80.00075 gram
19Some By MiSome By Mi Calming Suncream SPF 50Rp 135.00050 ml
20WardahWardah Sunscreen Gel SPF 30Rp 29.00040 ml

SPF & PA Pada Sunscreen

Apa itu SPF?

Singkatan SPF adalah Sun Protection Factor yang artinya seberapa lama produk sunscreen mampu lindungi kulit dari pancaran sinar UVB. UVB sendiri adalah sinar ultraviolet yang bisa sebabkan kulit terbakar sehingga kemerahan usai terpapar sinar tersebut. Biasanya SPF diikuti dengan angka. Angka yang ada di SPF itu memiliki arti secara khusus. Contohnya SPF 15 yang bermakna sunscreen akan melindungi kulit dengan 15 kali lebih lama dibanding dengan kondisi kulit tanpa proteksi apapun. Sedangkan SPF 50 artinya sunscreen akan bisa melindungi kulit dengan 50 kali lebih lama. Semakin tinggi SPF, maka makin tinggi juga perlindungan yang akan kamu rasakan di kulit. Tetapi semakin tinggi SPF yang dimiliki sunscreen, biasanya produk itu kurang nyaman digunakan. Banyak yang mengeluh wajah menjadi lebih lengket dan kusam.

Untuk di daerah tropis yang panas dan mempunyai sinar matahari cukup banyak, ada baiknya menggunakan sunscreen yang memiliki SPF minimal 30. Ada sunscreen yang mengandung SPF 100 atau 110, biasanya untuk outdoor seperti berenang, surfing, berlari, dan aktifitas olahraga lainnya yang terpapar matahari.

Apa itu PA?

PA berfungsi untuk lindungi kulit dari UVA. UVA adalah sinar untra violet yang bisa sebabkan masalah penuaan dini pada kulit seperti garis halus di wajah (kerutan) hingga hiperpigmentasi (flek hitam). Berbeda dengan SPF, PA biasanya ditandai dengan adanya tanda plus (+) di bagian belakangnya. Misalnya PA+ yang mengartikan jika sunscreen tersebut mampu lindungi kulit dengan kisaran waktu 2 sampai 4 jam. Selanjutnya, jika PA++, maka bisa lindungi kulit mulai dari 4 hingga 8 jam, dan seterusnya. Sunscreen terkuat saat ini adalah yang memiliki PA++++.

Chemical Sunscreen

Cara kerja chemical sunscreen bekerja dengan menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan oleh kulit. Kandungan utama chemical sunscreen biasanya adalah avobenzone, oxybenzone, octisalate, octocrylene, homosalate dan octinoxate. Tekstur dari sunscreen jenis ini biasanya lebih cair, ringan, dan mudah menyerap ke dalam kulit sehingga tidak menimbulkan whitecast. Sunscreen jenis ini cocok bagi kamu yang memiliki kulit berminyak.

Sayangnya, tidak semua orang cocok dengan produk ini karena ada yang membuat kulit menjadi iritasi dan kemerahan. selain itu, formulanya juga kurang tahan lama sehingga kamu harus re-apply 2-3 jam sekali.

Bioderma Photoderm AKN Mat

Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30

Sunscreen Bioderma ini selain melindungi kulit dari sinar UVA dan UV B, dia juga tidak mengandung pewarna, pengharum, bebas paraben dan tahan air. Texture dari Bioderma Photoderm AKN Mat cair dan seperti namanya hasil akhirnya matte, tidak lengket dan aman digunakan untuk wajah yang sedang berjerawat (sensitif). Perlu diratakan dengan seksama agar tidak meninggalkan white cast. Walaupun harganya lumayan mahal diatas Rp 300.000 untuk ukuran 40 ml, tetapi sebanding dengan ingredients di dalamnya dan banyak orang yang cocok menggunakannya.

Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50

Biore UV Aqua Rich Watery Essence mengandung SPF 50 PA+++. Kandungan Aqua Micro Capsule yang memberikan sensasi sejuk di kulit. Teksturnya ringan seperti air, cepat meresap di kulit dan tidak lengket. Terdapat juga kandungan Hyaluronic Acid, ada wangi Citrus dan tidak meinggalkan white cast. Produk ini nyaman digunakan untuk sehari-hari dan bisa digunakan untuk make up base. Selain itu produk yang dijual dengan harga Rp 100.000 rupiah ini bisa mengunci kelembapan kulit lebih lama. Sayangnya untuk pemilik kulit sensitif tidak disarankan menggunakan sunscreen ini karena takut menimbulkan iritasi karena terdapat parfum dan alkohol di dalamnya.

Etude House Sunprise Mild Watery Light

Etude House Sunprise Mild Watery Light SPF 50

Sunscreen dari Etude House ini teksturnya ringan dan tidak terlalu cair, nyaman untuk kulit dan mudah diratakan saat diaplikasikan. Melindungi kulit dari sinar UV dengan sangat baik tetapi juga melembabkan. Hasil akhirnya yang dewy dan tidak menimbulkan white cast. Hanya saja untuk yang kulitnya sensitif dan berminyak mungkin harus berhati-hati memilih sunscreen seperti ini karena rawan menimbulkan jerawat, ada kandungan alkohol dan mengandung parfum, walaupun wanginya enak dan tidak mengganggu. Kamu dapat membeli sunscreen Etude House ini dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 95.000 rupiah.

Emina Sun Protection

Emina Sun Protection SPF 30

Emina Sun Protection dengan SPF 30 dan PA+++ dijual dengan harga Rp 25.000 rupiah memiliki tekstur ringan yang membantu melindungi kulitmu dari sinar UV di hari yang aktif. Diperkaya dengan Aloe Vera Extract dan Emollient untuk memberikan kelembaban ekstrak pada kulit. Harganya yang murah dan terjangkau menjadikan sunscreen dari Emina ini laris di Indonesia dan banyak disukai. Aromanya manis, lembut tetapi tidak mengganggu.  Sunscreen ini tidak menimbulkan whitecast pada wajah setelah diaplikasikan. Untuk pemakaian sehari-hari,  tidak terlalu terpapar sinar matahari dan sebelum menggunakan makeup, sunscreen ini sangat cocok.  

HeliaTech Sunscreen Lotion

HeliaTech Sunscreen SPF 45

Heliatech Sunscreen Lotion SPF 45+ (berganti nama sejak November 2016). Awalnya bernama Parasol Sunscreen Lotion SPF 45 +. Kandungan, isi dan sediaan tetap sama. Design kemasan juga sama dan diproduksi oleh pabrik yang sama juga (tidak berubah). Banyak dokter kulit yang mereomendasikan sunscreen ini. Texturnya ringan, melembabkan kulit dan tidak mengandung paraben. Produk ini juga mengandung pemutih untuk mencerahkan wajah secara bersamaan dan mengandung parfum yang tidak begitu mengganggu wanginya. Harganya lumayan murah hanya Rp 77.000 rupiah untuk ukuran 30 gram jika dibandingkan dengan produk lain.

Illuminare Sun Protect Face & Body Lotion

Illuminare Sun Protect Face & Body Lotion SPF 50

Sunscreen Illuminare cukup unik dan multifungsi karena bisa digunakan di wajah maupun tubuh. SPF 50nya cukup tinggi untuk yang sering beraktivitas di luar ruangan. Selain melindungi kulit, dia juga bisa mencerahkan. Tapi jangan takut kulit menjadi kering karena Illuminare Sun Protect ini ada kandungan Citrus Junos Fruit Extract  yang bisa melembabkan. Sunscreen ini cukup cepat meresap, tidak meninggalkan rasa lengket. Selain itu, krim tabir surya seharga Rp 149.000 rupiah ini ketika diaplikasikan ke wajah hasil akhirnya dewy. Harganya cukup terjangkau sebanding dengan isi produk sebanyak 100 gram.

L’oreal UV Perfect Aqua Essence City Face Mist

L'oreal UV Perfect Aqua Essence City Face Mist SPF 50

Satu-satunya sunscreen bentuk spray yang praktis digunakan. Cocok buat kamu yang beraktifitas di luar ruangan dan perlu sering re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali. Tidak perlu mengoleskan krim dan takut tercampur kuman yang ada di jari. Cukup semprotkan spraynya ke wajah secukupnya sambil menutup mata dan bibir juga menahan nafas sekitar dua detik. Produk ini bisa dibeli dengan harga Rp 150.000. Ukuran L’oreal UV Perfect Aqua Essence City Face Mist ini pas untuk dibawa travelling. Sayangnya sunscreen ini menimbulkan kesan seperti wajah berminyak dan lengket.

Nacific Fresh Herb Origin Sun Block

Nacific Fresh Herb Origin Sun Block SPF 50

Sunscreen dari Nacific ini mempunyai perlindungan yang maksimal dengan SPF 50 dan PA yang paling tinggi. Produk ini populer di Korea saat musim panas karena dapat dipakai setiap hari saat beraktifitas di luar ruangan. Selain dapat melindungi wajahmu dari sinar UV, Nacific Fresh Herb Origin Sun Block ini mengandung anti oksidan dan anti aging.

Walaupun digunakan setiap hari tidak akan menimbulkan sebum dan komedo, malah membuat pori-pori tampak menecil dan wajah menjadi lebih halus. Produk ini mempunyai wangi bunga yang lumayan enak tetapi tidak begitu menyengat dan mengganggu. Teksturnya ringan di kulit, tidak menimbulkan white cast walaupun produk ini termasuk physical sunscreen. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp 129.000 rupiah.

Nature Republic California Aloe Daily Sun Block

Nature Republic California Aloe Daily Sun Block SPF 50

Nature Republic Perfect Sun Block sangat bagus ukarena memiliki SPF 50+ dan PA+++ yang juga menenangkan kulit Anda, sehingga memberi Anda kulit yang bercahaya secara alami. Bebas dari paraben, minyak dan warna buatan. Ekstrak bunga calendula di dalam sunscreen ini memiliki kemampuan mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat. Krim ini texturnya agak berat tetapi ketika dipakai tidak meninggalkan white cast. Walaupun dikatakan produk ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, tetapi bagi sebagian orang yang kulitnya berminyak dan menggunakan Nature Republic Sun Block ini akan meninggalkan kesan semakin berminyak. Sunblock berkualitas ini dapat dibeli dengan merogoh kocek Rp 285.000 rupiah

Neutrogena

Neutrogena Ultra Sheer Sunscreen SPF 45

Neutrogena Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen SPF 45 merupakan krim untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dengan kandungan SPF 45 agar kulit terjaga kesehatannya dari UVA dan UVB. Produk ini memiliki formula yang tidak membuat wajah berminyak, cepat menyerap, dan tahan air. Untuk beberapa orang merasakan sensasi perih diawal pengaplikasian krim ini. Hasil akhirnya mungkin terlihat meninggalkan white cast, tetapi berangsur-angsur akan menghilang. Sunscreen yang populer di Amerika ini juga sudah banyak dijual di toko online di Indonesia dengan harga Rp 175.000.

Nivea Sun Protect & Moisture Face Sun Block

Nivea Sun Protect & Moisture SPF 50

Tekstur dari sunscreen Nivea ini lumayan tebal, creamy, lengket dan cocok untuk penggunaan outdoor seperti aktivitas pantai seperti diving atau berenang karena sifatnya waterproof. Selain mengandung SPF 50, sunscreen ini juga diperkaya vitamin E dan anti-oksidan yang efektif melindungi kulit wajah dari keriput / penuaan dini dan noda hitam. Harga Nivea Sun Protect & Moisture Face Sun Block adalah Rp 125.000 rupiah dan produk ini cepat meresap saat dioleskan ke kulit dan memiliki wangi lumayan enak.

Sebamed Sun Care Multiprotect Sun Cream

Sebamed Sun Care SPF 50

Sebamed Sun Care ini dapat melindungi dari sinar UV dan mencegah iritasi pada kulit. Sunscreen ini juga dapat melembabkan kulitmu yang kering karena diperkaya dengan vitamin E, tidak mengandung paraben dan alkohol. Texturnya ringan, mudah menyerap, tidak lengket dan waterproof. Harganya memang over price, tapi cocok untuk kamu yang kulitnya sensitif dan aktifitasmu banyak dibawah paparan sinar matahari seperti pergi ke pantai. Cara mengatasi white cast yang ditimbulkan oleh nya mungkin bisa ditimpa pakai bedak atau makeup lainnya. Untuk harganya adalah Rp 280.000 rupiah

SK-II Atmosphere Airy Light UV Emulsion

SK-II Atmosphere Airy Light UV Emulsion SPF 30

SK-II Atmosphere Airy Light UV Emulsion ini mampu membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Atmosphere Therapy Complex O adalah kombinasi bahan alami ekstrak Kaktus Opuntia, Niacinamide, dan Pitera yang membantu melindungi kulit dari agresor lingkungan seperti paparan sinar UV. Produk ini mempunyai dua varian, yang mengandung SPF 30 dan SPF 50. Tetapi di Indonesia hanya dijual produk yang mengandung SPF 30. Tekstur dari sunscreen ini ringan, mudah meresap dan tidak meninggalkan bekas minyak. Krimnya ada partikel seperti glitter yang membuat wajah seperti glowing. Tabir surya dari SK-II ini harganya cukup tinggi mencapai Rp 755.000

Solare Moisturizing Sunblock

Solare Moisturizing Sunblock SPF 50

Solare adalah tabir surya (sunblock) dengan kandungan Moisturizing dan Whitening lotion yang membantu melembabkan dan melindungi kulit dari bahaya Sinar UV-A dan UV-B. SPF 50 yang dimiliki produk ini cukup tinggi sehingga bisa digunakan untuk saat aktivitas di luar ruangan dengan intensitas matahari yang tinggi.  Solare sunblock lumayan bagus, bisa digunakan untuk wajah dan badan. Harganya juga cukup terjangkau hanya Rp 80.000 untuk ukuran 80ml cukup untuk pemakaian sehari-hari selama 2 bulan.

Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Sunscreen buatan asli Indonesia ini banyak digunakan oleh para wanita. Walaupun namanya gel tapi texturnya creamy. Wanginya enak, cepet meresap, tidak lengket maupun berminyak, dan tidak menyumbat pori atau menyebabkan timbulnya komedo. Diperkaya dengan SPF 30 untuk perlindungan maksimal pada kulit karena mengandung pelembab dari Aloe Vera, dan Pro Vitamin B5 dan Vitamin E sebagai anti oksidan sekaligus. Harganya yang murah dan halal menjadi idola di kalangan remaja putri. Wardah Sunscreen Gel ini tidak waterproof sehingga tidak bisa digunakan untuk aktivitas di luar ruangan yang berhubungan dengan air.

Physical Sunscreen

Physical sunscreen bekerja dengan cara melindungi permukaan kulitmu dengan membuat lapisan baru yang berfungsi sebagai tirai sehingga sering disebut sebagai sunblock. Oleh karena itu, teksturnya cenderung lebih tebal dan terkadang bisa meninggalkan whitecast. Biasanya, physical sunscreen atau disebut juga mineral sunscreen memiliki kandungan utama Titanium Dioxide dan Zinc.

Walaupun teksturnya tebal dan susah menyerap, physical sunscreen tidak mudah menimbulkan iritasi pada kulit. Karena dia  bekerja secara lebih stabil dan efektif untuk jangka waktu yang cukup lama. Physical sunscreen cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

Innisfree Perfect UV Protection Cream

Innisfree Perfect UV Protection Cream SPF 50

Sunscreen ini mempunyai tiga fungsi sekaligus, melindungi dari sinar UV, mencerahkan wajah dan mengurangi kerutan. Mengandung minyak bunga matahari dan ekstrak green tea. Produk sunscreen korea memang suka menambahkan parfum yang wanginya enak. Namun begitu sunscreen ini aman karena tidak mengandung paraben dan alkohol. Sayangnya Innisfree Perfect UV Protection ini mempunyai efek white cast seperti tone up cream yang mungkin agak mengganggu. Walaupun begitu, produk yang dipasarkan dengan harga Rp 135.000 ini memiliki kemampuan untuk melindungi kulitmu saat aktifitas di luar ruangan sangat bisa diadalkan.

Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense

Kiehl's Ultra Light Daily UV Defense SPF 50

 Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense SPF 50 PA+++ adalah sunscreen yang dapat digunakan setiap hari di kulit wajah yang mengandung UVA dan UVB sebagai pelindung kulit dari efek buruk sinar UVA dan UVB. Sunscreen ini mengandung Cellulospheres yang merupakan struktur senyawa berpori yang membentuk lapisan pelindung di atas kulit untuk menangkap partikel jahat dan mencegahnya masuk ke dalam lapisan kulit. Selain itu ada vitamin E yang melembabkan dan membantu mencegah penuaan dini pada kulit.

Sunscreen dari Kiehl ini cocok untuk kulit kering dan sensitif, teksturnya ringan, cepet meresap di kulit, terlihat seperti glowing. Sayangnya hasil akhirnya meninggalkan white cast ciri khas physical sunscreen dan wangi dari produk ini lumayan mengganggu. Harganya cukup mahal sekitar Rp 410.000 rupiah tetapi worth it untuk dimiliki.

L’oreal UV Perfect Matte & Fresh

L'oreal UV Perfect Matte & Fresh SPF 50

L’Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long SPF50/PA++++ cocok buat kamu yang punya kulit kering karena mengandung bahan-bahan yang melembapkan. Hal keren dari sunscreen ini dia dapat memberikan perlindungan total bagi kulit selama 12 jam dari paparan sinar matahari. Tekstur Loreal UV Perfect Matte & Fresh sunscreen ini krim warna putih yang agak kental.  Hasil akhir dari produk ini adalah matte tapi nggak bikin kulit bagian dalam kering.

Produk ini juga mengandung Mexoryl yang berfungsi untuk mencegah pigmentasi dan darkspot serta Detoxyl yang berfungsi sebagai anti-polusi bahkan dapat melindungi kulit dari partikel yang lebih kecil dari 2,5 mikron sehingga bisa yang mencegah terjadinya jerawat dan mengecilkan pori. Kalau kamu punya kulit berminyak, kamu harus rajin membersihkan wajahmu dengan sempurna setelah memakai produk ini agar sisa sunscreen  Loreal UV Perfect Matte tidak menyumbat pori dan menyebabkan komedo. Dengan menyiapkan uang Rp 80.000 rupiah kamu bisa merasakan manfaat dari produk ini secara maksimal.

 Skin Aqua

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50

Skin Aqua UV Moisture Milk mengandung SPF 50+. PA +++ untuk perlindungan ganda terhadap UV-A & UV-B. Produk ini juga mengandung Hydraulic Acid (AcHA) dan Collagen yang melembabkan, melembutkan kulit, dan mempertahankan elastisitas kulit, mengandung VItamin B5 dan E juga yang dapat menutrisi kulit. Tidak mengandung pewarna dan pewangi buatan. Produk ini dibandrol dengan harga Rp 50.000 rupiah.

Di kemasan box Skin Aquacukup informatif karena ada informasi tentang komposisi, penjelasan singkat tentang ingredients penting pada sunscreennya, hingga cara pakainya. Tekstur dari sunscreen skin aqua ini agak  tidak terlalu cair, tapi juga tidak kental. Sunscreen ini tidak menggunakan pewarna dan parfum. Saat pakai ini kulit terasa lebih halus dan lembab tapi tidak membuatnya terasa oily.

Some By Mi Calming Suncream

Some By Mi Calming Suncream SPF 50

Sunscreen dari Some By Mi ini packingnya ekslusif namun harganya masih terjangkau. Some By Mi Calming Suncream teksturnya ringan, seperti gel warna putih, tidak ada white cast, dan cepat menyerap seperti moisturizer. Produk ini mengandung Truecica 10,000 ppm. Truecica terdiri dari Artemisia princeps (juga disebut Korean wormwood), tea trea leaf water, ekstrak centella dan centella powder. Kandungan di dalamnya lengkap, dia bisa menangkal sinar UV dengan SPF 50 PA++++, memutihkan dan mengurangi kerutan halus di kulit. Krim ini dijual dengan harga Rp 135.000 rupiah secara online.

Penutup

Itu tadi 20 review sunscreen terbaik untuk wajah yang bisa kamu coba. Kamu perlu menunggu sekitar 15-20 menit sebelum beraktifitas di luar ruangan jika kamu menggunakan chemical sunscreen agar krim terserap sempurna ke dalam kulit. Tetapi jika menggunakan physical sunscreen, kamu bisa langsung beraktifitas. Re-apply setiap 2-3 jam sekali tergantung seberapa sering kamu terpapar sinar matahari.

Summary
Review Date
Reviewed Item
20 Review Sunscreen Terbaik Untuk Wajah
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *