22 Review Pompa ASI Manual Untuk Ibu Menyusui

Jika kamu sudah menentukan jenis pompa ASI yang akan dipakai, maka artikel berikut akan membahas 20 review pompa ASI manual terbaik yang bisa digunakan oleh ibu menyusui.

Beberapa ibu mungkin tidak mampu membeli pompa ASI manual karena beranggapan harganya yang mahal. Tidak bisa dipungkiri memang dari beberapa rekomendasi pompa ASI yang ditampilkan hanya merk tertentu yang harganya mahal.

Namun sebenarnya ada banyak sekali merk breast pump untuk memerah ASI yang bisa kamu dapatkan dengan harga murah dan terjangkau. Berikut adalah rekomendasi pompa ASI terbaik menurut versiku.

Daftar Harga Pompa ASI Manual

Di bawah ini adalah daftar harga pompa ASI yang saya dapatkan dari marketplace online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll. Harga pompa ASI ini mungkin berbeda ketika kamu membelinya di Apotek, baby shop dan toko-toko yang menjual perlengkapan bayi.

Kelebihan dari memiliki pompa asi manual selain harganya lebih murah, alasan lainnya karena bisa dibawa dan digunakan kapanpun tanpa khawatir baterai akan habis dan bingung mencari sumber listrik untuk mengisinya.

NoNama ProdukHarga
1Real Bubee Rp          50,000
2Claire’s Rp          65,000
3Lusty Bunny Rp        110,000
4Cmbear Rp        120,000
5Little Giant Estilo Rp        125,000
6DodoRp        125,000
7Reliable Rp        130,000
8Pum Pee Rp        140,000
9Crown Rp        140,000
10I.Q. Baby IQ-900 Rp        140,000
11Doopser Rp        150,000
12Natur Rp        180,000
13Bambi Love Rp        180,000
14Little Baby Rp        225,000
15Spectra Rp        240,000
16Unimom Mezzo Rp        265,000
17Pigeon Rp        275,000
18NUK Jolie Rp        300,000
19Tommee Tippee Rp        325,000
20Medela Rp        400,000
21Philips Avent Rp        600,000
22Hegen PCTO Rp        729,000

Review Pompa ASI Manual Terbaik

Hegen PCTO Pompa ASI Manual

Hegen PCTO Pompa ASI Manual

HEGEN PCTO™ adalah pompa ASI manual paling mahal diantara merk pompa asi lainnya karena mendapatkan sertifikasi kesehatan Internasional grade FDA (pangan & obat-obatan Amerika). Harganya sekitar Rp 729.000 rupiah. Kelebihan dari produk ini pada material plastik dan kaca yang bebas BPA, PVC dan Phthalates. Hegen breast pump ini juga sangat ringan namun tahan guncangan dan tidak mudah pecah.

Pompa ASI Hegen dapat digunakan pada semua botol Hegen PCTO. Hanya dengan mengkonversi penutup botol dengan manual breast pump adapter dari Hegen maka para ibu tidak perlu repot untuk memindahkan ASIP ke botol penyimpanan lainnya.

Botol susu Hegen ini didesain agar mirip dengan payudara ibu. Dot silikon Hegen berbentuk elips dan super lembut. Ibu menyusui tidak perlu khawatir bayi akan bingung puting jika menyusui bayinya secara langsung lalu menggabungkannya dengan pemberian ASI dari botol.

Philips Avent Pompa ASI Manual

Philips Avent Pompa ASI Manual

Pompa ASI Manual milik Philips Avent ini mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan. Produk yang banyak dibeli sebagai kado untuk ibu menyusui ini dibandrol dengan harga Rp 600.000 rupiah.

Philips Avent menyadari bahwa Ibu yang menyusui akan menggunakan produk ini dimanapun dan kapanpun, terutama untuk ibu yang bekerja. Oleh karena itu mereka menciptakan produk yang mungil, mudah dibersihkan dan tidak memakan banyak tempat saat disimpan dalam tas wanita.

Hal unik dari produk ini adalah Bantal pijat lembut yang memberikan sensasi seperti dipijat lembut dan berfungsi merangsang aliran ASI sehingga jumlah ASIP yang dihasilkan juga bisa banyak. Fokus utama produk Medela adalah membantu para ibu untuk berhasil menyusui bayinya, oleh karena itu mereka membuat pompa ASI yang semua bagian yang bersentuhan dengan ASI dibuat tanpa BPA.

Medela Pompa ASI Manual

Medela Pompa ASI Manual

Medela Harmony adalah tipe pompa asi (breast pump) yang digunakan secara manual atau tanpa listrik sehingga tidak berisik. Menggunakan teknologi 2-Phase-Expression yaitu meniru ritme bayi ketika menyusu. Harga pompa ASI Medela sekitar Rp 400.000 rupiah.

Di dalam kemasan produk ini sudah terdapat: Tuas yang terdiri dari diafragma, oring, dan pegangan tuas. Corong standard plastik (personal fit) ukuran M. Konektor, penghubung antara corong dengan botol. Sebuah valve dan 2 buah membran. Botol yang dilengkapi dengan solid lid dan dudukan botol agar breastpump bisa ditegakkan.

Sayangnya bagi beberapa pengguna Medela, mereka mengalami masalah saat memompa dikarenakan pompa seperti kehilangan tenaga saat menghisap dan itu mengakibatkan air susu tidak keluar. Solusinya adalah dengan membetulkan valve yang berwarna kuning yang tidak sejajar. Lepaskan karetnya, luruskan kembali bagian berwarna kuning itu, dan masukkan kembali ke tempatnya.

Pigeon Pompa ASI Manual

Pigeon Pompa ASI Manual

Pigeon adalah pompa ASI favorit para ibu sejak awal produk pompa ASI manual keluar di pasaran. Sparepart Pigoeon mudah dibeli sehingga kamu tidak perlu khawatir apabila memerlukan pengganti bagian-bagian pompa.

Pigeon pompa ASI manual ini mempunyai dua versi, pompa untuk botol panjang dan botol pendek. Pompa Pigeon versi terbaru botolnya lebih kecil dan sudah mengalami banyak kemajuan karena didesain agar ibu lebih nyaman saat memompa dengan posisi duduk serta mudah dioperasikan hanya dengan satu tangan. Harganya pun kini jauh lebih terjangkau hanya Rp 275,000 rupiah.

Unimom Mezzo Pompa ASI Manual

Unimom Mezzo Pompa ASI Manual

Unimom Mezzo dijadikan salah satu alternatif  merk pompa asi yang baus dan berkualitas namun dengan harga terjangkau. Unimom adalah merek asal korea yang cukup sukses masuk ke pasaran Indonesia. Harga pompa susu manual ini hanya Rp 265.000 rupiah.

Material yang digunakan sebagian besar terbuat dari material plastik PP (Polypropylene) dan LSR (Silikon), bebas racun BPA Free dan ramah lingkungan. Sparepartnya pun juga mudah dicari. Namun sayangnya kekuatan hisap dari pompa ASI Unimom ini kurang begitu kuat dan tuasnya agak keras sehingga membuat tangan mudah lelah.

Spectra Pompa ASI Manual

Spectra Pompa ASI Manual

Spectra manual breast pump ini memiliki dua versi, yaitu pompa dengan botol panjang bernama Spectra Manual Handy Plus dan pompa dengan botol pendek yang mulut botolnya lebar.

Spectra adalah merek asal korea yang sangat populer dikalangan ibu menyusui di Korea Selatan. Bentuknya mirip punya Pigeon, sangat praktis dan cocok digunakan untuk ibu-ibu di Asia khususnya Indonesia. Pompa ASI ini dijual dengan harga Rp 240.000 rupiah.

Semua wadah penyimpanan Spectra dan bagian yang bersentuhan dengan ASI adalah bebas BPA / DEHP. Daya hisap dari pompa ASI manual ini juga cukup bagus walaupun desainnya yang cukup sederhana.

Tommee Tippee Pompa ASI Manual

Tommee Tippee Pompa ASI Manual

Pompa ASI ini didesain semirip mungkin dengan hisapan bayi sehingga aktivitas memompa ASI Ibu efektif dan nyaman. Tuasnya didesain secara ergonomis untuk keperluan Ibu.

Alat pemompa ASI Tommee Tippee didesain dengan bentuk yang menyesuaikan mimik bayi ketika menyusui sehingga para ibu akan merasa lebih nyaman. Terdiri dari 3 bagian yang mudah untuk dirakit, pompa asi ini cocok digunakan ketika di rumah maupun bepergian.

Tommee Tippee adalah merek botol susu dan perawatan anak dari Inggris. Harga manual breast pump ini juga terjangkau dan paling murah bisa didapatkan dengan harga Rp 325.000. Bonus membeli produk ini juga banyak antara lain kotak untuk strerilisasi, 6 buah breastpad, 2 buah tempat penyimpanan susu dan sparepart valve.

Little Baby Pompa ASI Manual

Little Baby Pompa ASI Manual

Pompa ASI terbaru dari Little Baby ini memiliki harga yang sangat terjangkau dan kualitas yang baik. Sayangnya tidak ada informasi dari negara mana produsen pompa asi ini dan bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatannya. Apakah bahan yang digunakan mengandung aman dan tidak menimbulkan alergi atau tidak.

Pompa ASI yang menggunakan tipe botol wide neck ini desainnya unik dan cantik dengan warna tosca. Tarikan pompa juga bisa disesuaikan dan diatur sedemikian rupa untuk kenyamanan.

Reliable Pompa ASI Manual

Reliable Pompa ASI Manual

Jika kebanyakan pompa ASI hanya khusus untuk botol susu panjang atau botol dengan leher lebar (wide neck bottle), maka pompa ASI Reliable ini memiliki kelebihan yaitu adanya konektor tambahan. Fungsi konektor ini menjadikan pompa asi dapat dipasangkan dengan botol ukuran standard maupun menggunakan botol susu dengan ukuran leher yang lebih lebar.

Pompa ASI manual Reliable dijual dengan harga Rp 130.000 rupiah saja. Produk ini cocok untuk ibu menyusui yang ingin memiliki pompa ASI manual dengan budget terbatas. Sayangnya sparepart ini susah dicari sehingga apabila ada kerusakan akan susah memperbaikinya.

Real Bubee Pompa ASI Manual

Real Bubee Pompa ASI Manual

Keunikan dari pompa ASI Real Bubee adalah tuasnya yang didesain ergonomis bisa diatur dalam 3 level kekencangan tarikan. Ibu bisa memakai tangan kanan atau kiri karena pegangan tuasnya sekaligus mengatur kekuatan hisapan pompa apakah mau lambat atau cepat.

Produk Real Bubee menggunakan material yang aman bagi kesehatan (Food Grade dan BPA Free). Harga produk ini cukup terjangkau hanya Rp 50.000 rupiah selain itu bonusnya banyak seperti gratis breastpad dan kantong ASI untuk menyimpan hasil perah.

NUK Jolie Pompa ASI Manual

NUK Jolie Pompa ASI Manual

Produk pompa ASI manual buatan Jerman ini sudah bebas BPA dan aman digunakan. Pompa ASI NUK Jolie ini desainnya sangat mewah dan cantik. Harganya hanya Rp 300.000 Namun sayangnya produk ini jarang ditemukan dan untuk mencari sparepartnya cukup susah.

Pompa payudara manual ini memiliki bantalan silikon lembut dengan permukaan bertekstur khusus untuk membantu merangsang aliran susu serta bantal silikon lembut yang pas di payudara dan tuas berbentuk ergonomis yang membantu mengontrol kekuatan isap. Produk ini juga mudah dibongkar-pasang, dan mudah dibersihkan.

Natur Pompa ASI Manual

Natur Pompa ASI Manual

Brand Natur sudah cukup dikenal untuk urusan ASI perah, dan mereka pun memiliki produk pompa manual. Pompa ini dirancang agar mudah digunakan dan nyaman.

Pompa ASI Natur Breast dilengkapi bantal pijat silikon yang berfungsi melancarkan aliran ASI yang dipompa karena seolah menggantikan isapan bayi. Sementara tuasnya juga egronomis sehingga mudah dipakai memompa dengan satu tangan. Produk ini dibuat dari bahan yang bebas dari BPA sehingga aman apabila pompa ASI ini distrerilkan dengan cara disiram air panas.

Bonus dari pembelian produk seharga Rp 180.000 ini antara lain 2 botol ukuran 120ml dan tutupnya serta sparepart valve.

Bambi Love Pompa ASI Manual

Bambi Love Pompa ASI Manual

Pompa ASI manual murah lainnya datang dari Bambi Love. Produk ini menggunakan plastik berkualitas yang tidak mengandung BPA sehingga aman digunakan. Penggunaannya juga cukup mudah dan kekuatan pumping disesuaikan. Warna dominan dari Bambi pompa ASI adalah biru muda dan bening.

Kelebihan Bambi breast pump manual ini cocok untuk segala jenis botol (dapat diganti dengan botol besar & kecil). Mudah dicuci dan praktis untuk dibawa kemanapun. Sayangnya produk ini tidak banyak dijual di pasaran walaupun harganya cukup terjangkau hanya Rp 180.000 rupiah.

Pumpee Pompa ASI Manual

Pumpee Pompa ASI Manual

Pumpee adalah pompa ASI manual yg dibuat dengan bentuk corong yang pas untuk berbagai jenis bentuk payudara. Terdapat lapisan silikon pada corongnya sehingga tidak sakit pada saat pemompaan. Pengoperasiannya pun mudah hanya menggunakan satu tangan.

Bahan plastik yang digunakan bebas BPA dan mudah dibersihkan. Saat membeli produk ini disertai dengan botol susu tambahan dengan model wide neck. Harganya murah hanya Rp 140.000 saja.

Doopser Pompa ASI Manual

Doopser Pompa ASI Manual

Doopser pompa ASI manual adalah produk dari Doopser Indonesia yang bentuknya simple, warnanya dominan oranye dan bening, ringan saat dipegang dan harganya cukup terjangkau hanya Rp 150.000 rupiah. Jangan khawatir membeli produk ini, walaupun buatan China namun sparepartnya mudah dicari dan dibeli secara online.

Kelebihan dari pompa ASI Doopser ini memiliki dua mode hisap yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Produk ini juga dibuat dari bahan dengan kualitas yang terbaik dan telah lulus berbagai sertifikasi dunia. Dilengkapi dengan Liquid Silicone Massage Pad yang sangat lembut, flexible dan nyaman dengan 3 lapisan cincin pijat untuk mengurangi rasa nyeri saat memerah ASI.

I.Q. Baby IQ-900 Pompa ASI Manual

I.Q. Baby IQ-900 Pompa ASI Manual

Corong dari I.Q. Baby IQ-900 ini memiliki desain ergonomis seperti tuas berbentuk seperti kupu-kupu yang memudahkan saat memerah ASIP hanya dengan satu tangan. Posisi memerah juga bisa disesuaikan sesuai kenyamanan jari dan tangan. Luas corong penampangnya juga lumayan besar dan pas saat digunakan. Sayangnya ketika bantalan silikon ketika distrerilkan dengan cara direbus lama bisa melar.

Pompa ASI I.Q. Baby IQ-900 ini harganya Rp 150.000 rupiah dan terbuat dari plastik bebas BPA (Bisphenol-A) yang aman digunakan. Sayangnya tidak ada cadangan sparepart yang terdapat pada box saat pembelian.

Crown Pompa ASI Manual

Crown Pompa ASI Manual

Crown Easy Express Manual Breast Pump bisa digunakan dengan cepat, lembut tanpa memerlukan adaptor atau baterai. Sangat nyaman digunakan, disesuaikan dengan payudara yang lembut dan mengurangi pembengkakan. Produk ini juga dapat menyesuaikan dengan irama dan tekanan pemompaan yang diinginkan.

Botol yang digunakan oleh Crown pompa ASI manual ini bentuknya standar neck dan bukan model wide neck bottle. Harga dari pompa ASI Crown hanya Rp 140.000 rupiah saja.

Claire’s Pompa ASI Manual

Claire's Pompa ASI Manual

Pompa ASI Claire’s ini cukup unik karena bagian untuk memompanya tidak menggunakan tuas melainkan menggunakan bantalan yang harus diremas. Kelebihan dari model pompa ASIP seperti ini sangat mudah untuk dipasang dan dibersihkan daripada bentuk portable yang memiliki banyak bagian yang perlu dirakit saat akan digunakan. Sayangnya pompa jenis ini memiliki daya hisap yang lemah dan cenderung membuat tangan pegal karena terus menerus meremas.

Botol yang digunakan oleh Claire’s pompa ASI manual ini bentuknya standar neck dengan warna dominan hijau dan bening. Produk buatan China ini tidak mengandung BPA dan harganya juga sangat murah hanya Rp 65.000.

Little Giant Estilo Pompa ASI Manual

Little Giant Estilo Pompa ASI Manual

Pompa ASI milik Little Giant Estilo ini sekilas mirip pompa ASI keluaran I.Q. Baby karena warnanya yang sama-sama dominan putih bening dan mempunyai penampang corong yang lebar. Hanya saja produk milik Little Giant Estilo tidak memiliki tuas seperti kupu-kupu. Perlengkapan menyusui bayi ini adalah buatan Indonesia.

Material produk ini terbuat dari bahan yang aman bagi kesehatan (plastik BPA Free dan silicone). Harganya juga murah hanya Rp 125.000 sehingga banyak yang membelinya sebagai kado saat membesuk bayi yang baru lahir.

Cmbear Pompa ASI Manual

Cmbear Pompa ASI Manual

Pompa ASI murah dengan bentuk botol wide neck datang dari Cmbear. Produk buatan China ini dapat dibeli di marketplace Indonesia secara online dengan harga Rp 120.000 rupiah. Produk dominan dengan warna putih bening juga dilengkapi dengan cadangan sparepart valve.

Terbuat dari plastik PP, Liquid-silicone dan bebas BPA. Pompa ASI manual Cmbear ini dapat dibawa dengan mudah saat bepergian karena bentunya yang praktis dan tidak memakan tempat.

Lusty Bunny Pompa ASI Manual

Lusty Bunny Pompa ASI Manual

Tidak banyak orang yang mengetahui kalau Lusty Bunny juga mengeluarkan produk pompa ASI yang harganya cukup murah. Selama ini kita mengetahui kalau Lusty Bunny dari alat makan yang digunakan saat bayi mulai MPASI.

Produk ini tersedia dalam dominan warna pink dan biru dan dipasarkan dengan harga Rp 110.000 rupiah saja. Pompa manual ini lumayan kecil, praktis dan nyaman digunakan. Produk ini didesain sesuai dengan payudara yang lembut dan mengurangi pembengkakan. Dapat disesuaikan dengan irama dan tekanan pemompaan. Model botol susu yang digunakan adalah tipe wide neck.

Dodo Pompa ASI Manual

Dodo Pompa ASI Manual

Merk pompa ASI Dodo sudah sangat populer karena bentuknya yang mirip terompet. Sayangnya model seperti ini bukan untuk tujuan menyimpan ASI setelah diperah melainkan membuangnya. Namun jangan khawatir, Dodo mengeluarkan produk pompa ASI yang bisa dimasukan ke dalam botol dengan harga yang tidak kalah terjangkau. Harganya hanya Rp 125.000 saja.

Pompa ASI Manual Dodo Baby terbuat dari material food grade yang bebas BPA. Cara menggunakan dodo breast pump ini cukup mudah dan  dapat dioperasikan dengan 1 tangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *