day 11. 30 day writing challenge

Day 11 #30DayWritingChallenge

Pelajaran dalam hidup yang mengena banget untukku hingga sekarang adalah cinta dan hubungan atar sesama manusia.

What is the biggest lesson you learned till now?

Apakah kamu pernah merasakan jatuh cinta dan menjalin hubungan dengan orang lain? Bagaimana rasanya?

Bagi beberapa orang yang beruntung, bisa menikah dengan cinta pertamanya atau memiliki perjalanan cinta yang mulus adalah idaman semua orang. Tapi aku memiliki pandangan berbeda. Pertama kali memiliki hubungan yang serius membuatku melupakan bahwa jika ada pertemuan, pasti ada perpisahan. Poin terakhir yang tidak aku antisipasi sebelumnya. Sehingga ketika mengalami patah hati terjadi untuk pertama kali, rasanya shock banget.

Butuh waktu lama untukku agar bisa menerima bahwa tidak seharusnya kita menyukai manusia melebihi rasa cinta kita kepada Tuhan. Kelak jika aku jatuh cinta lagi, aku harus bersikap ‘biasa saja’ kalau suatu saat putus. Prinsip baru ini yang akhirnya aku pegang hingga sekarang menikah. Tidak mencintai manusia melebihi cinta kepada sang pencipta.

Hal kedua yang aku pelajari dalam hidup ini adalah STOP OVERTHINKING dan berhenti mendengarkan nyiyiran orang lain. Jangan pernah memasukan ke hati orang yang membawa negative vibes.

Aku sering banget overthinking, bahkan kadang-kadang masih terjadi hingga sekarang. Namun aku berusaha untuk lebih rileks dan cuek karena sejatinya overthinking itu cuma ada di kepalamu. Kalau katanya Alberto di film Luca, “Silenzio Bruno!”

Alhamdulillah aku nggak pernah menemukan teman atau tetangga yang seperti itu ya, mungkin karena aku tinggal di kota besar. Orang lain cenderung cuek dan mind your own business. Seandainya aku tinggal di kota kecil, aku justru akan senang kalau ada orang cari gara-gara, suka iri nyinyir dan menyindir. Aku akan buat mereka semakin panas dengan menyiramkan lebih banyak bensin.

Berhenti memikirkan perkataan buruk orang lain tidak sama dengan menolak kritik. Kalau kritik itu biasanya bertujuan sebagai ‘cambuk’ untuk membuat kita berubah menjadi lebih baik. Tetapi jika kritikan itu sama sekali tidak membangun dan justru mengarah untuk ngajak perang, lebih baik tidak usah didengarkan.

Tulisan ini adalah bagian dari 30 Day Writing Challenge, dimana aku akan menantang diri sendiri untuk menulis dari topik-topik yang sudah disiapkan selama 30 hari penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *