day 4. 30 day writing challenge.

Day 4 #30DayWritingChallenge

Semenjak SMP aku tipe orang yang betah melek dan tidur larut malam. Ketika beranjak SMA, aku sering mengalami insomnia. Akibatnya ketika di sekolah sering nggak fokus dan mengantuk. Berbagai cara aku cari agar bisa tidur tepat waktu, mulai dari minum susu hangat, mandi air hangat sampai memaksakan tidak tidur siang. Pernah berhasil bisa tidur tepat waktu, tapi selebihnya ya balik lagi jadi nocturnal.

Beranjak kuliah, sempat merasakan kuliah masuk pagi karena waktu itu mahasiswa baru hanya mendapatkan jam kuliah pagi atau siang. Apabila dapat kuliah jam 7 pagi, mau tidak mau harus berangkat pagi. Setelah semester 3 baru ikutan teman-teman untuk mengambil kuliah siang sampai malam. Ternyata lebih menyenangkan kuliah malam. Tidak perlu buru-buru bangun pagi.

Are you early or nocturnal? Write the pros and cons of being one.

Kebiasaan tidur malam nggak berubah setelah kerja. Pulang kantor jam 7 atau 8 malam, aku masih melanjutkan side jobku untuk menulis atau mendesain gambar sampai pukul 10 atau 11 malam. Oh jangan ditanya saat mengerjakan skripsi atau TA, aku baru bisa tidur jam 1 pagi, lalu bangun jam 3 pagi untuk sahur, kemudian berangkat ke kantor jam 5 subuh. Tidur cuma 3 jam itu sudah biasa.

Dulu sebelum corona aku terpaksa membiasakan bangun pagi karena anak-anakku sekolah. Butuh waktu untuk mempersiapkan kebutuhan mereka, dan tentunya aku butuh dandan kalau terpaksa mengantar mereka sekolah. Namun ketika wabah corona muncul dan sekolah online diberlakukan, ada yang sedikit berubah. Ya tetap sih bangun pagi jam 5 untuk sholat, setelah itu ya lanjut tidur lagi sampai pukul 7 atau 8 pagi.

Kecuali weekend, kami sekeluarga nggak pernah bangun pagi. Ketika tetanggaku pagi-pagi rajin olahraga, ikut car free day, dll ya kami masih kruntelan di kasur dan bermalas-malasan.

Entahlah, rasanya lebih berenergi aja gitu kalau melakukan aktivitas malam hari. Aku rasa ini adalah keturunan. Beberapa anggota keluarga dari papaku juga betah melek sampai pagi, atau minimal tidurnya malem banget.

Sebenarnya tidur larut malam adalah kebiasaan buruk, karena justru malam hari saatnya organ-organ tubuh kita beristirahat. Makanya sekarang aku berusaha untuk tidur dibawah jam 11 malam.

Jadi, aku sudahi dulu ya tulisan hari ini dan bersiap tidur. Terima kasih sudah membaca.

Tulisan ini adalah bagian dari 30 Day Writing Challenge, dimana aku akan menantang diri sendiri untuk menulis dari topik-topik yang sudah disiapkan selama 30 hari penuh.