day 5 30 day writing challenge

Day 5 #30DayWritingChallenge

Tahun lalu itu hidup bagai roller coster banget bagi semua orang. Hampir semuanya pasti mengalami titik dimana hidupnya dipermainkan oleh wabah corona itu. Tapi di sini aku tidak akan menceritakan hal yang berhubungan dengan corona atau semacamnya. Kisah ini dimulai beberapa bulan sebelum pemerintah mengumumkan bahwa beberapa kota di dunia diberlakukan lockdown, dan di Indonesia sendiri mulai diberlakukan sekolah dari rumah.

Write about your most interesting day of the past year

Suatu hari di bulan Januari 2020 aku mendapat tawaran untuk berpartisipasi dari mbak dewi untuk menulis buku antologi dengan tema ‘berdamai dengan masalah’. Itu hari dimana hal semacam itu tidak pernah terlitas dalam pikiranku.

Ya, aku mempunyai tiga cita-cita. Dua diantaranya sudah terwujud, dan hanya tinggal satu cita-cita saja yang belum tercapai. Aku nggak terlalu berharap untuk cita-cita itu bisa terwujud, karena bagiku rasanya hal itu sangat jauh untuk diraih. Dibutuhkan skill yang bagus untuk bisa mewujudkannya, sedangkan aku merasa selama ini tidak berusaha keras untuk mewujudkannya.

Cita-citaku itu adalah menjadi penulis dan menerbitkan sebuah buku. Mustahil bagiku melakukan itu. Setiap kali aku berusaha memulai, aku kehilangan semangat untuk melanjutkannya. Sepertinya aku memang tidak punya bakat menulis. Mana mungkin ada yang mau membeli bukuku apalagi membacanya.

Aku tidak terfikir bahwa ada banyak cara yang Tuhan berikan untuk mewujudkannya. Ternyata ada cara bagiku untuk bisa menulis dan menerbitkannya menjadi sebuah buku, ya salah satunya dengan ikut serta untuk menulis buku antologi.

Jadi buku itu terdiri dari banyak cerita yang ditulis oleh banyak blogger. Syaratnya mudah, bercerita dengan gaya menulis masing-masing dan tidak ada batasan selama topiknya sesuai.

Butuh waktu sekitar 5 bulan mulai dari pengumpulan naskah hingga buku itu terbit. Apakah buku itu terbit di toko buku? Tentu saja tidak. Hahahha…

Buku itu dibiayai oleh para penulis sendiri. Penulis diharuskan membeli buku yang sudah dicetak minimal 4 pcs. Terserah apakah bukunya mau dijual lagi, diberikan kepada orang lain atau dibuat koleksi.

cover buku nubar antologi berdamai dengan masalah

daftar penulis buku nubar antologi berdamai dengan masalah

Tuhan mengabulkan cita-citaku dan aku merasa bahagia. Bagiku itu pencapaian sukses dalam hidup yang sudah berhasil aku raih. Mempunyai cita-cita sederhana untuk menjadi penulis dan menerbitkan buku walau hanya berupa buku antologi.

Aku masih memiliki 3 buku Berdamai dengan Masalah yang masih tersegel dan belum dibuka. Jika kamu mau, aku bisa memberikan kepadamu satu buku dengan gratis. Hubungi aku saja lewat DM @brilliantyrizky_

Jadi, hal menarik apa yang terjadi padamu tahun lalu?

Tulisan ini adalah bagian dari 30 Day Writing Challenge, dimana aku akan menantang diri sendiri untuk menulis dari topik-topik yang sudah disiapkan selama 30 hari penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *