Kematian Judy Garland

Kematian Judy Garland

Judy Garland meninggal pada tanggal 22 Juni 1969. Dia adalah seorang aktris dan penyanyi Amerika yang menjadi terkenal sebagai bintang cilik dalam film “The Wizard of Oz.” Sepanjang kariernya, Garland menghadapi banyak tantangan pribadi dan profesional, termasuk kecanduan narkoba dan alkohol, kesulitan keuangan, dan masalah kesehatan.

Kematian Judy Garland

Penyebab Meninggalnya Judy Garland

Pada tahun 1969, Garland dijadwalkan untuk tampil di serangkaian konser di London. Namun, pada tanggal 22 Juni, dia ditemukan tewas di apartemennya karena overdosis barbiturat yang tidak disengaja. Saat itu dia berusia 47 tahun.

Overdosis Barbiturat

Overdosis barbiturat adalah suatu kondisi di mana seseorang telah mengonsumsi barbiturat dalam jumlah yang berbahaya atau beracun, sejenis obat depresan sistem saraf pusat (SSP). Barbiturat memperlambat aktivitas otak dan tubuh dan biasanya digunakan sebagai obat penenang, hipnotik, atau antikonvulsan.

Overdosis barbiturat dapat menyebabkan depresi pernapasan yang parah, yang menyebabkan penurunan laju pernapasan, penurunan suplai oksigen ke otak, dan pada akhirnya, koma dan kematian. Gejala lain dari overdosis barbiturat dapat berupa kebingungan, mengantuk, bicara cadel, cara berjalan yang tidak stabil, tekanan darah rendah, dan kehilangan kesadaran.

Overdosis barbiturat dapat terjadi secara tidak disengaja atau disengaja, dan ini merupakan keadaan darurat medis serius yang membutuhkan perhatian segera. Jika Anda mencurigai seseorang telah mengonsumsi barbiturat dalam jumlah yang berbahaya, penting untuk segera mencari pertolongan medis.

Kematiannya sangat mengejutkan bagi industri hiburan dan para penggemarnya, dan ia tetap menjadi salah satu artis yang paling dicintai dan ikonik sepanjang masa. Musik dan filmnya terus dinikmati oleh penggemarnya dari lintas generasi.

Film Judy Garland

Beberapa film yang pernah dibintangi oleh Judy Garland antara lain:

  1. The Wizard of Oz (1939)
  2. Meet Me in St. Louis (1944)
  3. Easter Parade (1948)
  4. A Star is Born (1954)
  5. Judgment at Nuremberg (1961)
  6. Gay Purr-ee (1962)
  7. A Child is Waiting (1963)
  8. I Could Go on Singing (1963)
  9. The Harvey Girls (1946)
  10. Little Nellie Kelly (1940)

Suami Judy Garland

Judy Garland memiliki lima suami selama hidupnya.

David Rose (1941-1944): Garland menikah dengan komposer dan konduktor David Rose pada tahun 1941, namun pernikahan tersebut hanya bertahan selama tiga tahun.

Vincente Minnelli (1945-1951): Garland menikah dengan sutradara film Vincente Minnelli pada tahun 1945 dan memiliki anak perempuan, Liza Minnelli, pada tahun berikutnya. Pernikahan ini ditandai dengan perjuangan Garland melawan kecanduan dan depresi dan berakhir dengan perceraian pada tahun 1951.

Sidney Luft (1952-1965): Garland menikah dengan produser Sidney Luft pada tahun 1952, namun pernikahan ini ditandai dengan kesulitan keuangan dan penyalahgunaan narkoba yang terus berlanjut. Pasangan ini bercerai pada tahun 1965.

Mark Herron (1965): Garland menikah dengan aktor Mark Herron pada tahun 1965, namun pernikahan itu dibatalkan setelah hanya beberapa bulan.

Mickey Deans (1969): Garland menikah dengan manajer klub malam Mickey Deans pada tahun 1969, tetapi pernikahan ini juga berumur pendek. Garland meninggal karena overdosis pada tahun 1969, hanya beberapa bulan setelah pernikahan mereka.