Nama-nama Ikan Koi, dari Kohaku yang klasik hingga Kujaku yang mengkilap

Nama-nama Ikan Koi, dari Kohaku yang klasik hingga Kujaku yang mengkilap

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat populer di seluruh dunia, terutama di Asia. Keindahan corak dan warna mereka membuat ikan ini menjadi favorit di kolam-kolam taman dan koi pond. Dengan berbagai variasi yang ada, ikan koi menawarkan keindahan yang tak tertandingi dan menjadi daya tarik yang memikat bagi para pecinta ikan hias. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa nama-nama ikan koi beserta variasi dan gambar-gambarnya yang menakjubkan.

Ini Lho Jenis-jenis Ikan Koi, Mana yang Kamu Suka?

Mari kita telusuri keindahan dan variasi yang menakjubkan dari nama-nama ikan koi yang mempesona ini.

Nama-nama Ikan Koi, dari Kohaku yang klasik hingga Kujaku yang mengkilap

Ilustrasi berbagai macam ikan koi yang berada di kolam. Gambar dihasilkan oleh AI Microsoft Copilot

1. Kohaku

Kohaku adalah salah satu variasi ikan koi yang paling terkenal dan mungkin yang paling dikenal secara luas. Coraknya terdiri dari warna putih dengan bercak merah yang menutupi tubuhnya. Kohaku yang berkualitas tinggi memiliki pola yang sempurna dan kontras yang jelas antara warna putih dan merahnya.

2. Taisho Sanshoku (Sanke)

Taisho Sanshoku, atau yang lebih dikenal sebagai Sanke, adalah variasi ikan koi yang memiliki tiga warna dominan: putih, merah, dan hitam. Pola merah dan hitamnya menutupi tubuh putihnya dengan variasi yang bisa sangat bervariasi, mulai dari sedikit bercak hingga pola yang mencolok.

3. Showa Sanshoku (Showa)

Showa Sanshoku, atau Showa, adalah variasi ikan koi yang mirip dengan Sanke, namun dengan tambahan warna hitam yang lebih dominan. Polanya terdiri dari warna hitam, merah, dan putih yang membentuk kontras yang menarik. Showa sering kali memiliki pola yang kompleks dan menarik perhatian.

4. Tancho

Tancho adalah variasi ikan koi yang memiliki ciri khas bercak merah tunggal di kepala, mirip dengan bendera Jepang (Hinomaru). Bercak merah ini biasanya terletak di tengah-tengah kepala ikan, menambahkan sentuhan unik pada penampilannya. Tancho bisa ditemukan dalam berbagai warna dasar, seperti putih, hitam, atau bahkan merah.

5. Utsurimono

Utsurimono adalah variasi ikan koi yang memiliki pola hitam yang kontras dengan warna dasar yang berbeda, seperti putih, merah, atau kuning. Pola hitam ini biasanya menutupi bagian atas tubuh ikan dengan variasi yang menarik. Utsurimono termasuk kategori ikan koi yang elegan dan menawan.

6. Bekko

Bekko adalah variasi ikan koi yang mirip dengan Utsurimono, namun tanpa pola hitam yang menutupi seluruh tubuh. Bekko memiliki pola hitam yang terbatas hanya pada bagian atas tubuhnya, sementara bagian bawahnya memiliki warna dasar yang solid. Pola hitam Bekko dapat berupa bercak atau garis-garis yang elegan.

7. Asagi

Asagi adalah variasi ikan koi yang memiliki warna biru keabu-abuan atau biru tua pada bagian atas tubuhnya, dengan perut yang berwarna merah atau oranye. Pola ini menciptakan kontras yang menarik dan membuat Asagi menjadi salah satu jenis ikan koi yang paling disukai.

8. Shusui

Shusui adalah variasi ikan koi yang merupakan persilangan antara ikan koi Kohaku dengan ikan koi Doitsu (jenis ikan koi yang memiliki sisik yang lebih besar dan sedikit berbeda). Shusui memiliki warna biru keabu-abuan pada bagian atas tubuhnya dan sisik yang terlihat jelas, sementara bagian bawahnya berwarna merah atau oranye.

9. Ogon

Ogon adalah variasi ikan koi yang memiliki warna dasar yang solid tanpa pola atau bercak. Warna dasarnya bisa berupa emas (Yamabuki Ogon), perak (Platinum Ogon), atau putih (Shiro Ogon). Kecantikan sederhana Ogon terletak pada kilauan metalik yang menghiasi tubuhnya, membuatnya bersinar di bawah sinar matahari.

10. Hariwake

Doitsu Hariwake sebagai salah satu jenis ikan Koi paling mewah. Tubuhnya berwarna putih keperakan dengan corak kuning muda yang menyebar. Warna putih Hariwake sendiri terlihat lebih cerah dibanding dengan warna putih yang dimiliki oleh Kohaku dan Sanke

11. Kujaku

Kujaku adalah variasi ikan koi yang memiliki warna dasar yang solid dengan tambahan bercak metalik berkilauan di atasnya. Pola bercak ini mirip dengan bulu merak yang mempesona, memberikan Kujaku penampilan yang unik dan menarik perhatian.

12. Karashi

Diberi nama Karashi karena warnanya yang kuning mirip Lemon. Jenis Karashigoi ini termasuk jenis koi yang baru muncul, yang mana adalah hasil cross breeding antara Chagoi dengan Kigoi. Pertumbuhan badannya yang relatif lebih cepat jika dibandingkan jenis koi lain dan berpotensi menjadi Koi Jumbo.

13. Koi Slayer

Koi Slayer adalah jenis ikan koi yang memiliki sirip panjang dan indah. Ada beberapa variasi Koi Slayer, tetapi yang paling populer adalah Koi Slayer Kumpay dan Koi Slayer Platinum. Harga Koi Slayer Platinum biasanya lebih tinggi karena jarang ditemukan di pasaran.

Apa artinya ginrin dalam dunia ikan koi?

Dalam dunia ikan koi, “ginrin” merujuk pada efek kilauan atau berkilauan yang terlihat pada sisik ikan koi. Istilah “ginrin” berasal dari bahasa Jepang, di mana “gin” berarti perak dan “rin” berarti skala atau sisik.

Ginrin adalah hasil dari mutasi genetik yang menyebabkan sisik ikan koi menjadi transparan dan memiliki lapisan yang mengkilap. Efek kilauan ini memberikan tampilan yang sangat menarik dan mengesankan pada ikan koi, terutama saat mereka terkena sinar matahari langsung di dalam kolam.

Terdapat beberapa variasi ginrin yang berbeda, termasuk ginrin yang tersebar di seluruh tubuh ikan (full-body ginrin) dan ginrin yang terbatas pada bagian tertentu seperti punggung atau sirip (partial ginrin).

Ginrin menjadi salah satu faktor penentu nilai dan keindahan ikan koi, karena kilauan yang dimilikinya dapat menambah daya tarik visual dan membuat ikan koi menjadi lebih menonjol di dalam kolam. Karena keindahannya yang khas, banyak penggemar ikan koi yang menginginkan ikan dengan efek ginrin di dalam koleksi mereka.

Jika Anda masih bingung, ginrin adalah warna sisik ikan koi yang mengkilat, simmer, bling-bling, dan berkilau.

Dari Kohaku yang klasik hingga Kujaku yang mengkilap, ikan koi menawarkan berbagai variasi yang menakjubkan bagi para pecinta ikan hias. Setiap jenis dan variasi memiliki keindahan dan pesona mereka sendiri, menjadikan ikan koi sebagai pilihan yang populer untuk mempercantik kolam taman dan koi pond. Dengan perawatan yang tepat dan lingkungan yang sesuai, ikan koi dapat tumbuh dan berkembang menjadi makhluk yang memukau selama bertahun-tahun mendatang.

Note: Artikel dihasilkan oleh AI ChatGPT. Gambar-gambar ikan koi adalah real yang dijual oleh Royal Koi Tangerang. Royal Koi menjual berbagai macam ikan koi berkualitas yang sehat. Dapat dikirim ke seluruh kota di Indonesia menggunakan ojek, bus, kereta, dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *