8 Action Figure Termahal 2019

Action Figure adalah mainan berkarakter yang dibuat berpose sedemikian rupa dan biasanya terbuat dari plastik atau material lain. Karakter action figure ini sering diambil berdasarkan film, komik, video game atau acara televisi.

Umumnya penyuka action figure adalah laki-laki, baik yang masih anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa action figure berharga sangat mahal dan tidak masuk akal. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan dan kelangkaan unit produk yang diproduksi serta hanya ditujukan untuk kolektor.

Berikut adalah 10 action figure termahal yang pernah dijual di Amazon dan jika beruntung mungkin kamu masih bisa membelinya.

GambarAction FigureProdusenHarga
Action Figure Superman and Exoskeleton SuitSuperman and Exoskeleton SuitFisher-Price

 

$1,999.99
Action Figure Queen of HeartsAlice in Wonderland – Queen of HeartsDisney$1,345.03
Action Figure Mazinger Z DXTamashii Nations Mazinger Z – DX Soul of ChogokinBandai$1,299.99
Action Figure Bane Batman The Dark Knight RisesBane – Batman The Dark Knight RisesHot Toys$999.00
Action Figure Tony StarkTony StarkHot Toys$955.75
Action Figure Captain AmericaCaptain AmericaHot Toys$699.89
Action Figure The Wind Waker Link & King of Red LionsThe Legend of Zelda: The Wind Waker Link & King of Red Lions

 

First 4 Figures

 

$525.00
Action Figure Jack SparrowJack SparrowHot Toys$505.69

Action Figure Superman and Exoskeleton Suit

Action Figure Superman and Exoskeleton Suit

Action figure ini terdiri dari 1 unit robot yang dapat bersuara, 1 karakter Superman dan 1 meriam yang dapat ditembakan. Layaknya Power Ranger yang mempunyai robot megaforce yang dapat dikendalikan dari dalam, kini Superman memilikinya juga. Robotnya Superman disebut Exoskeleton Suit.

Dengan robot ini, Superman bisa melawan musuh jahat siapapun termasuk Lex Luthor dan Kryptonite tanpa perlu lemas terkena radiasinya.

Action figure ini sebenarnya adalah mainan anak-anak yang digerakan dengan dua baterai AA. Berbanding lurus dengan harganya, kualitas action figure Superman dan Exoskeleton Suit juga sangat bagus.

Namun berhubung harganya yang sangat mahal, sayang rasanya jika hanya dipakai sebagai mainan oleh anak-anak yang suatu hari akan dirusaknya. Oleh karena itu, para orangtua banyak yang lebih memilih untuk memajangnya daripada diberikan kepada anak mereka sebagai hadiah ulang tahun atau kado.

Sebenarnya harga action figure ini Cuma $279.97 ketika dipasarkan. Namun karena barang ini sudah tidak lagi diproduksi, harganya lalu naik hingga 5x lipat. Saat ini yang menjual Superman and Exoskeleton Suit adalah para kolektor action figure. Namun jika kamu orang yang sangat beruntung, maka kamu bisa mendapatkan barang ini bahkan dengan harga yang murah pada lelang barang bekas atau garage sale.

Action Figure Queen of Hearts – Alice in Wonderland

Action Figure Queen of Hearts

Salah satu alasan yang membuat harga action figure karakter antagonis di film Alice in Wonderland ini adalah karena barang ini diproduksi sangat terbatas.

Action figure Queen of Hearts yang asli disertai sertifikat keaslian dalam kemasan. Ketika kamu membelinya, pastikan sertifikat itu ada dan dalam kondisi baik. Agar ketika suatu saat kamu berniat menjual action figure ini, kelengkapan unit tetap ada dan harga tidak turun.

Action figure ini mempunyai detail yang sangat bagus pada make up di wajah, gaun yang digunakan, serta aksesorisnya. Bahkan produsennya memberi peringatan bahwa boneka ini bukan untuk mainan anak-anak melainkan sebagai koleksi action figure orang dewasa.

Banyak pembeli yang merasa puas setelah membeli action figure Queen of Hearts dari film Alice in Wonderland ini, sebanding dengan uang yang mereka keluarkan. Hanya kolektor yang beruntung yang bisa memilikinya karena hanya ada 500 unit yang didistribusikan ke seluruh dunia.

Action Figure Tamashii Nations Mazinger Z – DX Soul of Chogokin

Action Figure Mazinger Z DX

Sebagai informasi, action figure yang diproduksi Bandai ini dikirim langsung dari Jepang. Mazinger Z – DX Soul of Chogokin ini memiliki ukuran yang cukup tinggi sekitar 30cm dan dilengkapi dengan efek cahaya LED dan suara.

Pelat armornya juga dapat dilepas untuk melihat detail di bagian dalam serta dilengkapi dengan fasilitas hangar untuk penyimpanan.

5 tahun lalu, action figure ini hanya dijual seharga $354. Sekarang harganya hampir 4x lipat dari harga retail awal yang ditawarkan, yaitu mencapai $1,299.99.

Mazinger Z adalah serial anime super robot pertama sangat sangat populer di Jepang pada era 70-80an. Di Amerika sendiri, serial TV ini lebih dikenal dengan nama Tranzor Z. Jika kamu sewaktu kecil di era tahun 80an familiar dengan menonton Tranzor Z each, maka action figure ini akan membangkitkan memori masa kecilmu.

Di Indonesia, hanya anak-anak tertentu pada jamannya yang bisa menyaksikan anime ini. Itu sebabnya kolektor action figure Mazinger Z  ini tidak banyak dijumpai.

Action Figure Bane – Batman The Dark Knight Rises

Action Figure Bane Batman The Dark Knight Rises

Jika beberapa orang lebih suka mengoleksi action figure superhero atau tokoh utamanya, maka produsen Hot Toys menawarkan sesuatu yang berbeda untuk para kolektor action figure Batman. Ya, Hot Toys menjual action figure karakter Bane dalam film trilogi Batman The Dark Knight Rises.

Action figure ini dibuat dengan sangat rinci dan teliti, berdasarkan gambar Tom Hardy sebagai Bane. Detailnya bisa dilihat pada pahatan di bagian kepala seperti masker yang digunakan, kostum dan aksesorisnya. Dengan tinggi sekitar 30cm, action figure Bane ini dilengkapi dengan telapak tangan yang dapat diganti-ganti sesuai pose yang diinginkan.

Kamu bisa mendapatkan belasan bahkan puluhan pose yang bisa dibentuk dari action figure ini. Banyak orang yang membeli action figure ini lalu memamerkan hasil jepretan fotonya saat disandingkan dengan action figure lain seperti Batman seolah-olah mereka sedang bertarung seperti dalam film.

Berhubung action figure Bane ini sudah mulai langka, maka harga jual yang ditawarkan pun juga semakin tinggi yaitu sekitar $999.99.

Action Figure Tony Stark

Action Figure Tony Stark

Pada umumnya, action figure Marvel yang dijual adalah dalam bentuk kostum besi Iron Man berwarna merah metalik. Kali ini Hot Toys membuat action figure dalam bentuk setengah jadi, dengan wajah Tony Stark menggunakan sepatu dan tangan repulsors yang belum sepenuhnya jadi.

Action figure Tony Stark ini ingin menampilkan bahwa sebelum kita tahu kesuksesan Iron Man, maka ada suatu proses yang dilakukan Tony Stark selama bertahun-tahun menyempurnakan kostum robotnya ini. Hal ini mengajarkan kepada kita untuk mengingat bahwa sukses membutuhkan sebuah proses yang panjang.

Bagian yang menarik dari action figure ini adalah kemiripannya dengan Robert Downey Jr pada bagian wajahnya. Bagian kepala dapat diputar dan dimiringkan, bahu dapat bergerak secara realistis dan bagian telapak tangan bisa diganti sesuai kebutuhan.

Action figure Tony Stark ini sudah dipasarkan sejak 2010 dan hingga kini masih bisa kamu dapatkan namun dengan harga yang lebih mahal yaitu sekitar $955.75.

Action Figure Captain America

Action Figure Captain America

Tidak lengkap rasanya jika mengoleksi action figure Avengers tanpa menyertakan karakter Captain Amerika. Sama seperti karakter Tony Stark Iron Man yang diproduksi oleh Hot Toys, action figure ini juga memiliki detail yang sangat bagus pada bagian wajahnya.

Kemiripan dengan Chris Evan sebagai pemeran Steve Rogers pada action figure ini sekitar 90%. Action ini bememakai kostum Captain Amerika yang kepalanya dapat dicopot dan diganti. Kamu akan mendapatkan satu kepala dengan wajah Steve Rogers dan satu kepala dibalut helm berwarna biru.

Harga yang ditawaran untuk action figure Captain America ini sekitar $699.89. Memang harga yang cukup lumayan mahal mengingat masih banyak karakter Marvel Avengers yang harus dikoleksi.

Action Figure Link & King of Red Lions – The Legend of Zelda

Action Figure The Wind Waker Link & King of Red Lions

Bagi penggemar game The Legend of Zelda, action figure ini bisa menjadi tambahan koleksimu. Patung ini versi The Wind Waker Link & King of Red Lions. Action figure ini dilengkapi dengan kartu keaslian yang memungkinkan kamu untuk membeli bagian-bagian tambahan dikemudian hari.

Wind Waker adalah game petualangan yang dikembangkan oleh Nintendo. Permainan ini mengambil lokasi di sekumpulan pulau yang berada di lautan lepas. Dibantu oleh sekutu termasuk perahu yang dapat berbicara bernama King of Red Lions, Link mengarungi lautan, menjelajahi pulau-pulau dan melintasi dungeon untuk mendapatkan kekuatan yang diperlukan untuk mengalahkan Ganon.

Berdiri diketinggian 25 inci dari ujung tiang ke alas tatakannya, menjadikannya salah satu action figure terbesar Zelda dari First 4 Figures. Tidak heran jika harga action figure The Legend of Zelda The Wind Waker Link & King of Red Lions kini bisa mencapai $525.00.

Action Figure Jack Sparrow

Action Figure Jack Sparrow

Hot Toys selalu membuat action figure yang hampir persis dengan karakter aslinya dan bukan hanya sekedar patung boneka biasa.

Dengan harga $506.32 untuk sebuah action figure Jack Sparrow dalam film Pirates of the Carribean, kamu bisa melihat karakter yang dimainkan oleh Johny Deep benar-benar seperti hidup.

Dilengkapi dengan 9 telapak tangan dan kepala yang bisa diganti, karakter ini juga dilengkapi aksesoris seperti teleskop, pedang, botol, pistol, dll.

Bagi kamu penggemar Pirates of the Carribean, action figure ini wajib kamu dapatkan. Lengkapi juga koleksimu dengan kapal Black Pearl.

Investasi Dengan Action Figure

Action figure pertama kali dipopulerkan oleh produsen mainan Hasbro asal Amerika Serikat. Hasbro merupakan produsen mainan pemegang merk produk ternama, contohnya seperti karakter Marvel, Star Wars dan Transformers.

Jika dulu action figure hanya dipandang sebagai mainan dan hobi koleksi semata, kini action figure banyak dijadikan sebagai peluang bisnis yang potensial. Biasanya action figure jenis ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan terus mengalami kenaikan yang signifikan.

Itu artinya, selain action figure bisa dijadikan investasi yang menarik. Itulah mengapa banyak orang kini lebih memilih mengkolesi action figure karena keuntungannya tadi. Harga action figure umumnya stabil dan tidak turun saat dijual kembali. Sehingga para kolektor bisa menjual action figure koleksinya, dengan harga minimal seperti yang dibelinya dulu. Tidak ada kerugian saat menjual action figure, terutama jika action figurenya langka.

Karena perkembangannya yang cukup pesat dan didukung oleh internet, banyak orang yang sekarang memanfaatkan action figure sebagai penghasilan utama.

Penutup

Itu tadi 8 action figure termahal 2019 yang masih bisa kamu dapatkan. Bagaimanapun, mengoleksi action figure adalah salah satu hobi yang menarik dan cukup menjanjikan. Hanya saja hobi ini cukup menguras kantong. Tidak jarang terjadi penolakan keras oleh istri, pacar atau orangtua.

Satu hal yang pasti, karena harga yang tidak bisa dibilang murah, jadikan action figure terbaik yang kamu beli sebagai sebuah investasi. Mulailah dulu mengoleksi action figure yang harganya murah namun diminati jika harus dijual lagi. Dengan demikian, kamu bisa mendapat penghasilan tambahan dari hobi. Bukan sekeadar membuang uang yang tidak akan memberikan timbal balik positif bagi kamu.

Summary
Review Date
Reviewed Item
8 Action Figure Termahal 2019
Author Rating
51star1star1star1star1star